Marah-marah. Jangan dibaca, penuh kenyinyiran

Kenapa sih orang-orang suka banget panjat sosial?

Bikin utas di twitter dengan tujuan biar terkenal, dapet likes banyak, retweet banyak.

Sampe bela-belain buka aib atau bahkan ngarang cerita dengan mengaku itu fakta supaya bombastis, memenuhi keinginan pasar yang haus bahan gibah. Ntar kalau udah terkenal, udah dijadiin buku atau film, baru ngaku, kalau itu fiksi. Biar apa? Biar terkenal. Ke laut aja sana.

Kadang-kadang saya muak juga sama dunia per-twitter-an yang kalau viral dikit, pasti bakal aja ada yang ngetweet “ga ada yang mau mutualan?” “kawan gw viral” “jangan lupain gw kalau udah terkenal”. Apaan sih? tolong ya tolong, kalian ini, apakah menjadi terkenal adalah cita-cita kalian apa gimana sih? Sejak kapan manusia jadi sereceh ini sih.

Trus nih, lagi ngetren banget pdkt lewat twitter, cari jodoh lewat twitter. Masalahnya adalah, cewe-cewe di twitter jaman sekarang udah kaya ga punya malu tau ga sih kalian wahai penduduk alam semesta. Templatenya: pasang foto selfie cantik, reply salah satu postingan viral, ntar pasti ada aja yang reply balik cewe itu buat modus. Atau malah yang lebih terang-terangan: biro jodoh setiap akhir pekan yang diadakan oleh seorang selebtweet. Di situ, catet nih ya, saya pantau setiap minggu, 90 persen diikuti oleh wanita yang dengan sangat percaya dirinya reply tweet biro jodoh tersebut dengan foto dan deskripsi dirinya guna memikat para follower sang selebtweet yang berkelamin laki-laki. Fotonya foto selfie, dicantik-cantikin, diedit sana sini. Sama sekali ga ada natural-naturalnya. Abis direply, si cewe akan menanggapi dengan gaya flirting basian twitter. Mirip tinder, tapi ini tuh di panggung terbuka, ngerti ga sih? Pusing saya mikirinnya. Iya udah iya, harusnya emang ga saya pikirin. Ini saya lagi mau marah-marah aja.

Kemarin lagi ada utas tentang cowo yang tadinya tajir melintir trus sekarang dipenjara. Intinya sih, dia mau bilang kalau segala perbuatan buruk akan ada konsekuensinya. Di awal cerita saya merasa simpati, kagum, karena perjuangannya untuk bisa sukses, sampai…dia cerita tentang pacarnya, bininya, pacarnya lagi, cewenya, temen tidurnya, apalah apalah yang menggambarkan dunia gemerlap dan pergaulan bebas trus lama-lama dia jadi kaya pamer udah tidur sama siapa aja. Ceritanya juga sangat-sangat tidak masuk akal. Too good to be true and too awful to be true at the same time, NGERTI? Saya ga baca sampe abis udah bergejolak emosi dalam jiwa ini, apalagi ketika dia bilang dia ceritain ini untuk jadi pembelajaran dengan gaya cerita narsistik yang menjijikkan ingin menunjukkan seolah dia ini orang baik loh, tapi karena namanya manusia bisa tergoda dan lain hal jadi begini begitu begini begitu OMONG KOSONG. HEH, MANUSIA, GAUSAH YA CAPEK-CAPEK KAMU CERITA KAYA GITU BUAT NGASIH PELAJARAN. DIKIRA SAYA BODOH APA HARUS BACA CERITA KAMU DULU BUAT DAPET PELAJARAN KAYA GITU? ITU MORAL DASAR YA MORAL DASAR, PAHAM? GA PERLU DIAJARIN, kecuali emang rusak moralnya. “Makasih sharing pengalamannya, sangat bermanfaat. Sungguh menginspirasi” Itu kan yang pengen kamu denger? Iya salah saya kenapa saya baca. Biarin, saya cuma mau marah-marah.

Masih lanjut dari utas si laki-laki bacot ini. Udah gitu, kalau dibales “kok ceritanya kaya fiktif ya” malah dihajar balik sama si sender (yang adalah temennya) dan tidak lupa mengutip dukungan followernya yang bilang “udah jangan dengerin yang julid kaya gitu”. Kenapa orang-orang bisa nyangka itu fiktif KARENA MEMANG BANYAK HAL YANG GA MASUK AKAL. Kalaupun itu fakta, kesalahan ada di penulis yang tidak menjembatani kejanggalan atau gap informasi antara penulis dan pembaca. Bahasa gampangnya, ya orang mana ada yang percaya kalau lo bilang lo bisa punya ijazah D3 dalam waktu setahun padahal lo lulusan SMP. Emang bisa dari SMP langsung kuliah? Dan cuma setahun dapet ijazah? Itu ijazah jadi-jadian? Kalaupun memang bisa kaya gitu, ITU BUKAN HAL LAZIM DAN LO WAJIB JELASIN DONG di kata pengantar atau di penjelasan tambahan bukan malah marah-marah dituduh fiktif. Heran ke mana akal sehatnya.

Dan utas itu ujug-ujug ada. Literally ujug-ujug. Isinya skrinsutan DM antara sender dan si empunya cerita. Sendernya kenapa bisa didongengin temennya yang lagi dipenjara aja ga tau gimana ceritanya. Kenapa si cowo itu bisa pegang hp padahal di penjara juga ga jelas. Alibinya: nyuri2 kesempetan pas pengawas lengah. Bodoh. Pansos is the real motive. Yakin deh.

Saya ga peduli apakah pada akhirnya cerita itu memang fakta, atau fiksi, fiktif, apapun, yang jelas saya muak. And the fact that people actually believe it, damn!

Tinggalkan komentar