Jump and burn with Saltar at Celebrity Fitness

photo courtesy by Celebrity Fitness

Salah satu yang saya suka dari Celebrity fitness adalah inovasinya dalam menciptakan kelas fitness yang dipadu dengan berbagai macam alat yang belum tentu ditemukan di fitness club lainnya di Indonesia. Dan mungkin itu sebabnya saya masih betah ngegym di Celfit meskipun udah hampir 3 tahun jadi anggota.

Kelas-kelas fitness yang saya suka dari Celfit, yang tidak ada di tempat lain, adalah fast fit dan kettlebell vipr. Namun, baru-baru ini Celfit meluncurkan kelas terbarunya, yaitu Saltar. Saltar, diambil dari bahasa Spanyol (or Portugese?) yang berarti melompat, adalah latihan cardio melompat di atas trampoline yang mampu membakar 600-800 kalori dalam waktu 1 jam latihan. Kalau mau dibayangkan, keringetnya mirip-mirip Body Combat lah, agak lebih sedikit mungkin.

Kelas Saltar ini belum tersedia di seluruh club Celfit, melainkan di beberapa club saja seperti contohnya di Kota Kasablanka. Kebetulan saya latihan di sana dan penasaran ingin mencoba. Akhirnya kemarin saya mengikuti kelas ini dan tenyata peminatnya banyak banget! Begitu kelas dibuka, para member yang menunggu di luar langsung masuk dengan rusuh, buru-buru nge-tag trampoline yang jumlahnya terbatas (padahal lumayan banyak loh tapi tetep aja abis). Untungnya saya ikut kelas sebelumnya jadi bisa tag trampoline duluan begitu kelasnya selesai. Dan seketika kelas menjadi penuh dengan trampoline yang tidak tersisa. 

Saya pikir kelas ini bakal seru karena pengikutnya begitu banyak dan ternyata benar saja, seru banget! Serunya kaya lagi naik wahana di Dufan, bikin happy pokoknya. Instrukturnya memutar lagu dan mencontohkan gerakan2 melompat yang bervariasi. Setiap gerakan ada opsinya. Jika merasa kurang tertantang, maka kita diharuskan melompat lebih tinggi (eaaa kaya judul lagu). Tapi kalo misalnya capek, boleh lompatnya pendek aja. Berhubung instrukturnya semangat banget, kita semua jadi terpacu untuk ikutin gerakan dia yang semakin lama semakin on fire. Tapi hati-hati ya, walaupun terbawa suasana yang bersemangat, jangan lupa perhatikan pijakan kaki yang harus selalu ada di tengah trampoline supaya ga jatuh.

Latihan ini bagus banget untuk melatih keseimbangan tubuh dan koordinasi struktur inti (core). Jadi buat yang dulunya pas kecil suka lompat-lompat di atas kasur springbed (saya termasuk sih 😂) dan bagi yang ingin membakar lemak sekaligus meningkatkan keseimbangan dan menguatkan otot core, latihan ini cocok banget untuk diikutin, terlebih lagi karena instrukturnya yang asyik beud (namanya Cleber btw).

Ke depannya sepertinya saya akan kembali mengikuti kelas ini demi meningkatkan keseimbangan saya yang saat ini masih jelek banget. Mudah-mudahan saya bisa jadi lebih seimbang nantinya, amin. Last but not least, semoga Celebrity Fitness tidak berhenti berinovasi dalam menciptakan kelas-kelas fitness yang bermanfaat, supaya semakin banyak orang yang berolahraga dan menjadi sehat.